Translate

Senin, 06 Mei 2013

Ini dia..... Diet Sehat Tanpa Ramuan Dan Obat

Jangan mudah tergiur oleh promo tentang diet cepat dengan sebuah alat atau obat.  Mungkin memang nampak hasilnya tapi bagaimana dengan efek sampingnya ???

Ibu saya pernah membeli sabuk dengan energi magnet di dalamnya, katanya bisa membakar lemak perut dengan cepat.  Sabuk itu dibeli dengan harga yang lumayan mahal....tapi hasilnya tidak seperti yang dijanjikan.  Saya pernah mencoba minum teh tradisional, hasilnya lumayan....tapi...ketika saya periksa kedokter ada sedikit masalah dengan ginjal saya karena kekurangan karbohidrat.  

Fakta diatas memberikan gambaran bahwa sesuatu yang instan itu belum tentu menjawab apa yang kita butuhkan.  Bertahap memperbaiki pola hidup menjadi cara yang terbaik memulai diet sehat.  Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan aktitas diet sehat,

Kegiatan Harian

  • Olah raga : Mulai membiasakan diri berolah raga, luangkan waktu dan mulai rutin menjalaninya.  Akan lebih menyenangkan bila dilakukan dengan keluarga.



  • Menghindari ngemil apalagi makanan berat di malam hari



  • Hilangkan kebiasaan suka "jajan" yang berminyak.

  • Jangan langsung tiduran atau duduk-duduk setelah makan.  Biasakan beraktifitas sejenak seperti jalan-jalan walau hanya 5-10 menit.


Makanan dan Minuman


  • Karbohidrat: Tubuh kita tetap perlu makanan yang mengandung karbohidrat karena diperlukan untuk menghasilkan energi.  Saat diet disarankan mengkonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti nasi putih.  Bisa saja tetap dengan nasi putih tetapi dengan mengurangi porsi.



  • Buah dan Sayur : Mengurangi porsi makanan yang banyak kandungan karbohidrat kemudian menambah porsi buah dan sayur setiap harinya.  Makan tetap sehari 3 kali, hanya waktu makan malam usahakan tidak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat karena kita tidak banyak beraktifitas sehingga tidak butuh banyak energi pada malam hari.  Ganti dengan memperbanyak sayur dan buah.



  • Mengurangi makanan yang mengandung lemak berlebih.  Bagi yang hobi sekali dengan masakan berminyak dan berlemak mungkin saatnya merubah selera demi kesehatan. Bukan tidak boleh, hanya mengatur porsinya saja.


  • Keju, Susu, Ice cream dan Yogurt : Jangan meminum whole milk atau bentuk olahan susu seperti yogurt dan keju saat malam hari, karena kandungan lemaknya yang sangat tinggi.  Bila anda ingin minum susu bisa menggantinya dengan susu rendah lemak.  Ice cream juga diharapkan tidak dikonsumsi dulu saat diet.



  • Roti :  Roti mempunyai kandungan karbohidrat yang sangat tinggi, tidak dianjurkan untuk menjadikanya cemilan ketika diet.  Untuk mengganti posisi nasi putih mungkin masih bisa, tetapi tetap harus memperhatikan porsi.



  • Junk Food (makanan cepat saji) : Ketika diet dianjurkan tidak mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji karena kandungan kolesterolnya  yang sangat tinggi.


  • Kudapan manis dan berkalori tinggi : Ketika diet jauhkan dari segala macam kudapan manis dan cemilan-cemilan berkalori tinggi seperti aneka macam kripik.  Bila anda ingin ngemil lebih baik ganti dengan buah-buahan segar.


Demikianlah kira-kira hal-hal yang harus dilakukan saat diet sehat.  Saatnya mulai merubah pola hidup yang jauh lebih baik dan sehat.  Diet itu bukanlah proses yang INSTAN, diperlukan perjuangan dan pengorbanan. Tetapi kemauan yang kuat pasti akan menghasilkan.  Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar